-->

4 Teknik Dasar Wajib Dikuasai Untuk Pemula

 


  Sobat otodidak, bagaimana perkembangan kalian belajar gitarnya? sudah sampai mana tahapan kalian kuasai sekarang, minimal sudah hafal bentuk dan posisi chord atau kunci gitar yang paling dasar ya. Jika belum lancar pindah chord atau kuncinya tidak apa, pelan-pelan saja asalkan tekun belajar saya yakin pasti cepat hafal jari-jari kalian berpindah pindah chordnya.

   Pada bahasan kali ini sangat cocok di kombinasikan dengan latihan menghafal dan berpindah chord. Bahasan kali ini tentang 4 teknik paling dasar untuk pemula, maka dari itu saya berkata cocok di kombinasikan dengan latihan dasar lainnya. 

   Cuma 4 teknik nggak salah tuh? 
Ya, teknik bermain gitar memang banyak bukan hanya 4 (empat) saja, ada teknik picking, tapping, sweep picking, arpegio, hammer, slide, dll. Tetapi disini saya ambil 4 (empat) teknik saja untuk mengiringi tahapan belajar paling dasar. Teknik yang saya sebutkan tadi adalah teknik tingkat lanjut, jadi saya kira dalam baelajar gitar paling dasar teknik tersebut tidak terlalu penting untuk tingkat dasar.

   Logikanya kita melewati tangga, dan kita harus berjalan melalui anak tangga satu persatu, tidak bisa langsung melangkah ke ujung tangganya, nanti jika melangkah sekaligus jauh yang didapat adalah capek. Itu sekedar logika ya guys, hihi,tidak ada patokan khusus dalam belajar otodidak.

   Baik lah kita akan langsung saja menuju ke 4 teknik paling dasar:

1.Teknik Strumming

   

teknik strumming

    Teknik strumming ialah cara memetik senar dengan membunyikan semua senar. Biasanya kita sebut dengan dengan istilah genjrengan. Teknik srtumming ini biasanya dimainkan dalam permainan gitar pengiring atau bahasa lain atau bahasa gaulnya itu rhythm guitar. 

    Rhythm guitar sendiri dalam kamus wikipedia aretinya adalah teknik dan peran yang melakukan kombinasi dua fungsi: untuk menyediakan semua atau sebagian ritmis bersama dengan instrumen lain dari bagian ritme (misalnya drum kit, gitar bass); dan untuk menyediakan semua atau sebagian harmoni, yaitu akord dari progresi akord lagu, di mana akord adalah sekumpulan not yang di mainkan bersama.

2.Fingering


fingering

    Ya fingering ini wajib banget untuk yang baru belajar bermain gitar, selain melenturkan jari jari di fingerboard untuk menekan senar di freatboard, fingering juga biasa dimainkan untuk memetik atau membunyikan nada ya, kalian pasti sudah tahu teknik fingerstyle seperti yang di mainkan seorang youtuber alip bata, nathan, dan yang lainnya.

   Untuk seorang yang sudah profesional atau sudah ahli teknik fingerstyle biasa mereka melakukannya dengan menggunakan 4 bahkan lima jari di tangan kanannya. kalau yang kidal berati tangan kiri ya 😁,
namun buat yang baru belajar cukup menggunakan 2 jari terlebih dahulu, jari telunjuk dan ibu jari untuk memetik senarnya.

    nahh teknik fingers ini pasti berguna banget nih,sebab kebanyakan sebuah lagu pasti pada bagian tertentu ada saja yang menggunakan teknik ini. 

3.Picking

    picking adalah teknik memetik dengan menggunakan alat yang disebut pick.

picking


kenapa saya memasukan picking dalam daftar teknik paling wajib di kuasai? karena jika kita suatu saat nanti kita baru menggunakan sebuah pick pasti rasanya agak sedikit aneh, bahkan malah enggan menggunakan pick bila main di dalam studio music. Memang tidak akan mempengaruhi cara kita bermain music, malahan jika kita tidak terbiasa bermain dengan menggunakan pick akan mempengaruhi kenyamanan kita saat bermain musik atau jamming sama kawan, maka dari itu biasakan sejak dini. biar keren juga kita sudah masuk studio music, sound gitarnya gahar menggunakan efek distortion masa belum menggunakan pick kan kek ada yang kurang iya gak 😁.

   Mungkin picking tidak begitu umum ya tergantung style kita masing-masing, jika minat kalian hanya sekedar bisa bermain gitar didalam tongkrongan tidak masalah juga tidak menggunakan pick. tetapi jika tongkrongan kalian pindah ke dalam stidio music mungkin ini harus kalian kuasai mungkun juga gak juga tak jadi masalah ya 😁. tetapi pada umumnya seorang gitaris dalam sebuah grup band pasti menggunakan pick, soalnya teknik picking sendiri  banyak saudaranya macam sweep picking, dll.

Ok kita lanjut yang ke 4 atau yang reakhir.

4.Rutin dan jangan bosan

    Dengan kalian rutin melakukan cara di atas secara berkala dan meghilangkan rasa bosan,saya yakin kalian tidak perlu waktu banyak agar bisa bermain gitar. apalagi cara yang saya bagikan tersebut bisa banget dikombinasikan dengan belajar menghafal atau berlajar ber pindah akord gitar.

Mereka para gitaris profesional pun berawal dari 0, yakin pada diri sendiri dan terus semangat guys.
Salam Otodidak🙌

0 Response to "4 Teknik Dasar Wajib Dikuasai Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel