-->

Tips Otodidak Belajar Bermain Gitar Agar Cepat Menguasai



   Mampu bermain gitar dengan alunan nada dan melodi yang indah bukan sesuatu yang sulit seperti yang kalian bayangkan. Kunci utama cara bermain gitar untuk pemula adalah ketekunan dan ketelatenan,inilah mengapa diperlukan tips dan trik khusus untuk menyelesaikan cara bermain gitar petikan untuk pemula.

   Mungkin untuk yang baru banget belajar bermain gitar banyak sekali pertanyaan. Pertanyaan yang paling sering adalah Harus di mulai dari mana? bukan begitu ?? wkwk itu sih yang dulu saya alami. 
baik lah kita awali tipsnya dari yang paling dasar terlebih dahulu.


Tips Yang Pertama :

Mengenal Bagian-bagian Gitar

  1. Body: badan gitar
  2. Neck: bagian leher gitar
  3. Fingerboard: bagian gitar untuk meletakkan jari-jari
  4. Fret: bagian gitar yang melintang di fingerboard, terbuat dari logam
  5. Headstock: kepala gitar
  6. Nut: bagian bantalan gitar dengan enam lubang senar
  7. Tunning peg/dryer gitar: digunakan untuk menyetem nada gitar
  8. Senar: benang pada badan gitar
  9. Bridge: ujung gitar yang menyambungkan senar dan body
   Nah mungkin itu bagian-bagian yang ada pada gitar,sebenarnya tidak wajib untuk di ketahui tetapiu apa salahnya jika kita mengenal nama nama dalam sebuah gitar, jadi jika suatu saat nanti ada part ya harus diganti kita lagsung tahu nama part tersebut.

Oiya untuk gitar elektrik beda lagi ya, bukan beda sih tapi lebih tepatnya ada part ya tidak di sebutkandi atas. Baik lanjut ke tips bagaimana agar cepat menguasai bermain gitar.

   Harus Dimulai Dari Mana?

mungkin ini pertanyaan yang sangar sering di temui bagi orang yang baru mau belajar sesuatu.
harus di mulai dari mana? 

1.Belajar Chord/kunci Dasar

   Ya,tentu saja belajar menghafal chord,sebab bermain gitar yang kita mainkan adalah chord atau yang serung kita sebut kunci gitar, bukan kunci inggris ya...wwkwk canda bre.
Untuk chord dasar gitar seperti chord G, Am, C, D, A, B, Dm, dll. Chord tesebut juga ada versi lain yang biasa kita sebut Chord balok atau chord gantung. Secara bentuk dan posisi juga berbeda, yang saya maksud chord dasar di sini adalah chord yang sangat simple dan gampang.

Contoh bentuk atau posisi chord dasar,lihat gambar di bawah.


  Untuk lebih lengkapnya bisa lihat di postingan Kunci Gitar Lengkap Mudah atau Belajar Kunci Dasar Untuk Pemula jika sudah menguasai chord-chord dasar, kalian tingkatkan lagi kr chord balok atau chord gantung,bisa kalian lihat di postingan saya sebelumnya Cara Mudah Menghafal Kunci Balok.

2.Fokus Senam Jari

   Usahakan fokus untuk melenturkan jari-jari,kalian bisa melakukan senam jari setiap hari dengan cara menekan fret satu ke fret yang lain dengan jari telunjuk sampai jari kelingking secara bergantian , atau bisa juga latihan dengan cara memainkan bentuk chord dasar diatas lebih jelasnya untuk 3 Cara Paling Efisien Dan Paling Mudah Melenturkan Jari
. Jadi bisa sekalian menghafal posisi jari dari chord satu dan yang lainnya, lakukan secara perlahan saja.

3.Latihan Dengan Lagu


   Jika sudah menghafal chord dasar atau bosan hanya latihan dengan senam jari, cobalah latihan dengan lagu yang sekiranya chordnya mudah, cukup kuasai satu lagu terlebih dahulu. 
tidak ketinggalan juga latihan cara memetik gitar dengan baik, agar telihat mahir, silakan baca disini.

4.Bermain Dengan Mood

   Selanjutnya jika di rasa sudah bisa berpindah chord dengan lancar walaupun terbilang masih lambat cobalah bermain dengan teknik memetik usahakan full satu lagu. Atau kalian juga bisa bermain dengan teman kalian untuk mengukur kemampuan sejauh mana belajar gitar sampai saat ini.

   Belajar petikan pada pemula ini akan berpengaruh pada pembelajaran selama ini. Pemilihan waktu untuk berlatih bermain gitar sangatlah penting, terkadang untuk memegang gitar juga membutuh kan mood yang bagus. jadi cobalah sering untuk mendengarkan lagu untuk membangkitkan mood mengulik lagu menjadikan rasa penasaran untuk memainkannya. 

   Mungkin 4 cara tersebut jika di lakukan secara rutin akan meningkatkan kemampuan yang segnifikan.
Saya pribadi pun menggunakan cara seperti itu waktu awal dulu mencoba bermain gitar. 
Terus semangat dan salam satu hobi.



0 Response to "Tips Otodidak Belajar Bermain Gitar Agar Cepat Menguasai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel