-->

Kunci Gitar Lengkap Mudah Dihafalkan Untuk Pemula

  Hallo sobat autodidak,gimana kabarnya nihh?? Buat yang baru belajar main gitar apakah kalian sudah bisa menguasai bagaimana cara memainkan gitar dengan cara memetik atau menggenjreng senar gitar,kalau belum mengetahui cara2 tersebut kalian baca dulu artikel Cara Memetik Gitar Seperti Gitaris Profesional.
Dan bagi yang sudah menguasainya kita lanjut untuk mengetahui chord/kunci-kunci gitar yang lebih luas lagi.

  Kali ini saya akan menulis artikel mengenai chord/kunci gitar yang lumayan lengkap yah. misalkan ada yang nanya,

 "kok nanggung banget sih,kenapa nggak yang lengkap sekalian"
  Jawaban saya sangatlah sederhana "supaya mudah diingat dan yang banyak digunakan" alasannya karena meskipun saya memberikan chords yang lengkap pun kalian pasti hanya memilih chord/kunci-kunci yang sering dipakai dalam lagu dan paling sering digunakan setiap orang saat bermain gitar.

  Sebenarnya kunci/chord gitar tidaklah banyak apa bila kalian sudah mengetahui root nada disetiap fretnya, "loh kok bisa??" iya karena bentuk chordnya kebanyakan sama "CUMAN" letaknya saja yang berbeda. Contoh:

Lihat gambar Chord "Fm dan Gm" dibawah ini

Bentuk kedua chord diatas bentuknya sama seperti chord "Em". Lihat gambar dibawah
dari ketiga chord ini bentuknya sama,cuman letak fretnya yang berbeda (" Em" open string,"Fm" posisi pertama di fret ke 1, "Gm" posisi pertama di fret ke 3).
Penjelasan:Khusus Chord (E), Karena nada dasar " E" (senar nomor 6) open string,kalian cukup pencet buletan yang ada nomornya saja. lihat buletan yang berwarna kuning.
Buletan berwarna kuning tersebut adalah root nada atau akar nada " E" atau bisa juga di sebut nada dasar "E".
Jadi jika bentuk Chord "Em" tersebut digeser ke fret ke 1 atau ke nada "F" maka chord tersebut akan menjadi Chord "Fm"(lihat gambar Chord " Fm" fiatas).
Dan jika digeser ke fret 3 atau nada dasar "G" maka jadilah Chord "Gm" (lihat gambar Chord "Gm" diatas) dan seterusnya.

  Ok lah sejauh ini jelas ya sob.jika belum jelas dengan keterangan diatas,pada lain waktu saya coba usahakan memperjelas dan memberikan contohnya.
   Menyakut artikel kali ini saya akan memberikan Chords/kunci gitar yang sering di pakai untuk bermain gitar,dan sudah saya sortir sesuai jenis chords seperti (mayor,minor,dan kunci gantung/balok)

   Sebelum kita meluncur ke gambar kunci kuncinya,kita mulai dari intruksi" atau petunjuk agar lebih mudah membaca skala dan letak" jari kita.
  Yapp mari dimulai dari gambar yang pertama.

Keterangan gambar:
No 1 (nomor-nomor pada jari untuk menekan senar sesuai dengan nomor jari)
No 2 ( tanda silang (X) untuk menunjukan bahwa senar yang bertanda (X) tidak ikut di petik atau di bunyikan). Lihat buletan berwarna merah 
No 3 ( nomor yang berada di dalam kotak berwarna kuning adalah nomor fret pada gitar).
   Sebelum menuju ke tahap selanjutnya lebih baik pahami petunjuk diatas ya sob,karena saya tidak akan menjelaskan satu persatu.

    1.Chords Mayor
    2.Chords Minor
    3.Chords balok/kunci gantung (Mayor)
    4.Chords balok/kunci gantung (Minor)


Semoga jelas dan bermanfaat 




Artikel terkait

0 Response to "Kunci Gitar Lengkap Mudah Dihafalkan Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel