-->

Tips Memilih Gitar Akustik yang Tepat

Gambar gitar akustik

    Gitar adalah salah satu intersumen musik yang paling populer di dunia. Bermain gitar memang sangat menyenangkan, mulai untuk hanya sekedar hiburan untuk menemani waktu nongkrong bersama teman, sampai kalian yang sudah bisa menghasilkan pundi-pundi melalui hoby bermain gitar ini. Hobi bermain gitar tentunya tidak lepas dari kualitas gitar itu sendiri, baik dari sisi kualitas suara, bahan yang digunakan, kenyaman atau playability, dan tentunya harga gitar itu sendiri.

   Baik Anda seorang pemula yang ingin mulai belajar bermain gitar atau seorang pemain berpengalaman yang ingin mengupgrade alat musiknya, memilih gitar akustik yang tepat sangat adalah hal yang penting, agar lebih optimal dalam memilih gitar akustik yang kalian inginkan, tentunya perlu mempertimbangkan hal-hal terlebih dahulu saat memilih gitar. Berikut akan kami berikan beberapa tips memilih gitar akustik yang tepat sesuai kebutuhan dan preferensi Anda.

1. Tentukan Anggaran

   Tips memilih gitar akustik yang tepat pertama adalah menentukan anggaran. Harga gitar memang sangat bervariasi, mulai dari yang terjangkau hingga yang sangat mahal. Dengan memetapkan anggaran, anda dapat memperkirakan kualitas gitar yang seperti apa yang akan kalian dapatkan. Dan tentunya ada harga ada kualitas, semakin mahal semakin bagus juga kualitas gitarnya, dan semakin enak juga playabilitynya.
Namun saran saya untuk yang baru mau belajar bermain gitar, pilihlah kualitas yang tidak jelek dan tidak terlalu bagus juga jadi standar lah. 

2. Pilih Jenis Kayu

Gambar jenis kayu untuk pembuatan gitar


   Selanjutnya tips memilih gitar akustik yang tepat yang ke dua yaitu jenis kayu. Kayu yang digunakan atau dipakai untuk pembuatan gitar memiliki pengaruh terhadap suara dan karakteristik gitar tersebut. Ada beberapa jenis kayu yang umum digunakan untuk pembuatan gitar akustik yaitu mahogany, cedar, spruce, dan rosewood. Kalian bisa mencoba atau mencari referensi karakter suara yang dihasilkan dari kayu yang digunakan pada sebuah platform pemutar video untuk mengetahui karakter suara yang dihasilkan dari kayu-kayu tersebut.

3. Memilih Merek dan Model Gitar Akustik

gambar merek gitar gibson

 
  Biasanya merek-merek gitar terkenal memiliki reputasi yang baik dalam hal kualitas. Mencari tahu merek dan model dapat membantu dalam memilih gitar yang bagus. Untuk model gitar akustik ada dua model yaitu model steel string dan model clasic, perbedaan kedua model ini adalah pada senar yang digunakan, untuk model steel string senar yang digunakan adalah senar string atau yang terbuat dari kawat,baja atau nikel, sedangkan gitar dengan model clasic umumnya menggunakan senar nilon.

    Untuk perbedaan antara gitar akustik string dengan akustik classic adalah pada suara yang dihasilkan, keduanya memiliki suara yang khas. Jadi sesuaikan menurut selera, karena suara yang dihasilkan dari kedua model ini sangatlah segnifikan antara string dan nilon, dibandingkan dengan jenis kayu yang di gunakan mungkin tidak terlalu mencolok.

4. Ukuran gitar

   Ada berbagai ukuran pada gitar akustik, mulai dari dreadnought, jumpo, mini-acoustic dan masih banyak lagi. Ukuran gitar dapat mempengaruhi kenyamanan saat bermain gitar, jadi sesuaikan ukuran dengan tubuh kalian.

5. Tes Gitar Sebelum Membeli

   Tips memilih gitar yang tidak kalah penting adalah mengujinya secara langsung. Sebaiknya kunjungi toko alat musik yang ada di kota kalian, agar bisa mencobanya secara langsung untuk malakukan pertimbangan. Perhaikan bagaimana terasa saat dimainkan, seberapa nyaman tangan kalian menggengam nackya, dan bagaimana kualitas suara dari satu gitar dengan gitar yang lainnya.

6. Garansi dan Layanan Purna

   Pastikan untuk memeriksa garansi yang disertakan dengan gitar dan apakah toko tersebut menawarkan layanan purna jual yang baik. ini bisa sangat berguna kalian mengalami masalah pada gitar yang baru saja kalian beli.

7. Baca Ulasan dan Mencari Saran 

   Tips memilih gitar yang terakhir jika kalian membeli gitar akustik secara online, membaca ulasan dan mencari saran dari teman atau pun orang yang berpengalaman juga bisa menjadi langkah yang berguna dalam memilih gitar akustik yang tepat. 

Ulasan dapat memberikan wawasan tentang seberapa bagus kualitas dan bagaimana seller tersebut menawarkan layanan purna jual dari sudut pandang pembeli yang memberikan ulasan tersebut.

  Dengan mengikuti tips diatas, kalian dapat membuat keputusan yang lebih informational saat memilih gitar akustik yang tepat untuk anda. Ingat gitar adalah alat musik yang pribadi, jadi yang terpenting adalah pilihlah gitar yang kalian rasaa cocok untuk kalian. Semoga bermanfaat, dan selamat bermain gitar!

0 Response to "Tips Memilih Gitar Akustik yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel