-->

Belajar Melodi Otodidak Sederhana

 Apa itu melodi?? Saya yakin kalian sudah tau apa itu melodi,dan pasti yang ada di pikiran kalian adalah serangkaian suara gitar atau nada yang khas,dan terletak pada awal atau ditengah-tengah dalam sebuah lagu.
Yupp secara logika bisa seperti itu,tetapi lebih lengkapnya lagi "Melodi adalah sekumpulan suara atau nada yang dibunyikan satu persatu.

gambar orang memainkan gitar


  Belajar melodi sama saja seperti belajar gitar pada umumnya, dari tahap yang sederhana hingga tahap yang rumit. Dalam bermain melodi tidak hanya membutuhkan skill teknik-teknik gitar saja yang menjadi patokan, namun feel atau perasaan juga ikut serta dalam bermain melodi gitar ini,
  ingat ya tapi jangan memainkan perasaan orang lain wkwk, karena perasaan yang ini tenteng perasaan tentang memainkan nada bukan tentang perasaan tentang percintaan.
Hal itu karena dengan menggunakan perasaan, maka sobat bisa memainkan not demi not yang saling terhubung, harmonis, dan tidak keluar dari musik yang sedang dimainkan, bahkan pasti tidak akan keluar dari tempo dari musik tersebut.

   Cara Bermain Melodi Gitar

Picking (memetik gitar dengan menggunakan alat yang disebut pick)

picking
 

   Ini alasannya mengapa pada artikel 4 Teknik Paling Dasar Wajib Dikuasai Untuk Pemula menyatakan picking masuk pada daftar teknik paling wajib di pelajari dari awal, karena picking ini akan terus terpakai sampai kapan pun ya sob jadi lebih baik berlatih sejak dini adar kedepan tidak kesulitan lagi.

   Pada permainan melodi picking ini agak sedikit berbeda nih sob, pada permainan chord kita melakukan strumming dengan memetik keseluruhan senar, namun pada permainan melodi kita akan memainkan suara atau nada satu persatu, namanya juga melodi ya sob dan sudah dijelaskan diatas apa itu melodi.

   Jadi sobat harus menguasai  teknik up-down stroke picking atau memetik keatas dan kebawah menggunakan pick gitar pada satu persatu nada, lakukan sampai picking kalian selaras dengan nada yang kalian tekan dan tidak ada mis saat kalian membunyikan nada. Latihan secara konsisten maka permainan picking dalam melodi akan menjadi lebih efektif dan nantinya akan dengan mudah melakukan speed picking seeperti gaya permainan seorang gitaris terkenal yang mungkin kalian kenal yaitu Herman Li.

   Belajar melodi dalam teknik picking juga terdapat teknik picking yang lain, seperti sweep picking, harmonic picking, alternate picking, speed picking, dan lain-lain, namun itu merupakan teknik untuk level berikutnya, jadi sobat pemula cukup prioritaskan picking up-down stroke terlebih dahulu.

Membaca tab gitar

gambar tab gitar


   Tips selanjutnya belajar melodi menggunakan tab gitar, cara yang paling mudah untuk belajar melodi yaitu dengan menggunakan tab, membaca atau mencontek sebuah tab gitar.
Untuk orang awam seperti kita tentunya akan bingung harus dimulai dari mana untuk belajar melodi, karena kita belum bisa berimprovisasi, kita bisa menggunakan tab melodi pada lagu-lagu yang mudah terlebih dahulu sebagai contekan. 

   Pentingnya belajar membaca sebuah tab yaitu kita bisa memainkan melodi dari lagu-lagu tertentu dengan mudah. Akan tetapi jangan jadikan tab gitar sebagai patokan utama, dari beberapa sumber, jika kita terpatok hanya pada tab saja, untuk kedepannya kita akan sulit untuk bisa berimprovisasi. 
Seperti yang sudah saya katakan diatas feel atau perasaan juga dibutuhkan pada saat bermain melodi, dalam kata lain kita bisa berimprovisasi di sela-sela melodi yang sedang dimainkan. Maka dari itu jangan jadikan tab sebagai patokan. 
Lebih baik kita kulik sendiri melodi sebuah lagu dengan feeling tanpa menggunakan tab,sekaligus melatih kepekaan feeling kita terhadap nada-nada. Dan jadikan tab untuk kita mempelajari melodi pada sebuah lagu.
Untuk belajar membaca tab gitar kita akan pelajari pada artikel selanjutnya.

Belajar scale

gambar scale gitar


   Belajar melodi selanjutnya yaitu tentang belajar tentang scale. Dari beberapa sumber scale atau tangga nada adalah bagian "instrumental" dari repertoar manapun. Scale menyediakan blok bangunan penting untuk komposisi dan improvisasi di semua gaya dan genre musik. Berbeda gaya atau genre musik yang dimainkan berbeda pula scale yang digunakan, karena setiap scale memiliki ciri khas nada yang di hasilkan.
Ada banyak macam jenis scale diantaranya pentatonic scale, dominant pentatonic, chromatic scale, dan masih banyak lagi. Namun untuk seoranga pemula, sobat hanya perlu menguasai scale diatonic pada masing-masing nada dasar.

Improvisasi

gambar orang sedang memainkan gitar elektrik


   Belajar melodi yang terakhir yaitu tentang improvisasi, pada dasarnya improvisasi adalah bagaimana seorang gitaris membuat permainan melodinya sendiri didalam musik yang sedang mengiringinya. Misalkan sobat berperan sebagi lead guitar atau menjadi gitaris melodi dalam grup kalian, begitu sampai pada bagian melodi dari musik yang dimainkan, dimana sobat harus megisi bagian melodi tersebut, sobat bisa berimprovisasi tanpa harus sama seperti melodi dari lagu yang sobat bawa. Dengan catatan tidak keluar dari chord atau terdengar fales, dan sobat sudah menguasai tentang scale itu sendiri.

   Improvisasi ini sangat berkaitan dengan scale, untuk meningkatkan cara improvisasi, sobat harus memahami terlebih dahulu tentang apa itu scale. Selain scale feeling atau perasaan juga bisa untuk meningkatkan permainan improvisasi kalian. Jadi dengan mengasah feeling dengan mengulik sebuah nada-nada tanpa melihat tab juga bisa meningkatkan improvisasi karena kita tau harus kemana nada yang dimainkan selanjutnya.

   Tahapan belajar melodi diatas mungkin sudah mencakup semua hal yang dibutuhkan, sekarang sobat hanya perlu mengembangkan lagi setiap tahapannya, supaya skill yang sobat miliki menjadi lebih meningkat. Berlatih secara konsisten akan menjadikan skill kalian semakin meningkat. Demikianlah Belajar Melodi Autodidak Sederhana. Selamat Berlatih...

0 Response to "Belajar Melodi Otodidak Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel